Sulitnya Bersaing Dengan Blog Lain Jika Jarang Update Artikel

0
192

Sulitnya Bersaing Dengan Blog Lain Jika Jarang Update Artikel – Kegiatan ngeblog memang sangat menyenangkan, terutama di awal-awal pembuatannya, begitu semangatnya mendesign dan menulis artikel, terkadang sampe memakan waktu banyak.

Rutinitas menulis artikel yang konsisten dan berjalan lama terkadang menumbuhkan rasa jenuh yang membuat kita malas menulis artikel sehingga konsistensi kita dalam menulis artikel terhenti.

Contohnya saya sendiri, di awal ngeblog semangat mendesign dan menulis artikel sangat tinggi bahkan bisa sehari 1-2 artikel, lama-lama menurun jadi 1 artikel per minggu dan akhirnya entah berapa minggu yang terlewatkan tanpa menulis artikel, baru kali ini saya sempat menuliskan 1 buah artikel.

Faktor kesibukan didunia nyata menjadi penyebab terbesar blogger malas menulis artikel dan ujung-ujungnya blog yang susah payah di bangun dari awal terbengkalai begitu saja dan itu berdampak negatif pada performance blog yang akan terus menurun dan populeritasnya akan ikut menurun dan tergantikan dengan blog lain yang terus konsisten membuat artikel.

Untuk mengakali kesibukan kita di dunia nyata kita bisa saja menyewa penulis atau membeli artikel yang sudah jadi, namun kedua solusi tersebut tidaklah asal terapkan, kita harus benar-benar memilih penulis yang mengerti SEO sehingga artikel yang di tulisnya mampu bersaing di halaman pertama google.

Begitu pula dengan membeli artikel yang sudah jadi, dalam membeli artikel kita tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan juga, seperti memastikan artikel yang anda beli bukan hasil copas, artikel 100% unik, memiliki keywords dan lainnya.

Baca juga: 4 Tips Brilian Belajar Jadi Blogger Profesional

Membeli dan menyewa penulis artikelpun ribet ya, hal tersebut juga yang membuat saya enggan menyewa atau membeli artikel, karena saya ingin menjaga kemurnian semua artikel blog ini tanpa terselip satupun artikel hasil copas.

Namun untuk tetap konsisten menulis ternyata sulit, rasa malas terus hadir dan itu berdampak negatif terhadap blog, sehingga akan sulit bersaing dengan blog yang masih rajin menulis artikel harian atau rutin.

Dampak buruk yang nyata saya rasa dari malas menulis artikel adalah performa blog yang menurun, itu terlihat dari statistik alexa rank yang terus menunjukan penurunan performa.

Perhatikan performa Alexa rank terbaru saya sejak malas update artikel.

Sulitnya Bersaing Dengan Blog Lain Jika Jarang Update Artikel

Baca juga: Cara Merampingkan Alexa ke Angka 700.000 An dengan Artikel di Bawah 300

Pada gambar di atas terlihat jelas performa saat masih rajin menulis artikel dan performa setelah tidak update artikel lama, pada bulan januari – maret terlihat jelas lonjakan kenaikan alexa rank yang sangat baik dan terus menanjak dan pada bulan april saat saya malas update performa blog terlihat datar bahkan cenderung akan menurun.

Dilihat dari statistik performa di atas sudah jelas konsistensi menulis artikel sangatlah berpengaruh banyak pada peta persaingan antar blog, blog yang rajin menulis dan update akan memiliki performa yang menanjak sedangkan yang jarang update akan menurun.

Jelas cepat atau lambat blog kita akan kalah bersaing jika tidak update artikel dalam kurun waktu yang lama, di luar sana masih banyak orang yang rajin menulis jika kita malas-malasan ya kita akan sulit untuk bersaing, jangankan untuk bersaing masuk ke zona persaingan saja mungkin akan sulit.

Baca juga: Rahasia Sukses Blog Gratisan Strukturkode Rahasia Sukses Blog Gratisan Strukturkode

Kesimpulan yang bisa saya ambil, untuk tetap menjaga perkembangan blog ke performa terbaik  dan supaya mampu tetap bersaing dengan blog lainnya, kita perlu menjaga konsistensi menulis, jika tidak bisa menulis setiap hari minimal ada artikel terbaru pada setiap minggunya.

Demikianlah artikel berjudul Sulitnya Bersaing Dengan Blog Lain Jika Jarang Update Artikel, semoga bermanfaat.