Panduan Lengkap Setup WordPress Multisite Plus Gambar

WordPress merupakan salah satu cms terbaik di dunia dengan dukungan fitur-fitur yang semakin lama semakin bagus dan bermanfaat, wordpress juga di dukung dengan banyak plugins pendukung yang di kembangkan oleh banyak pengembang, sehingga kita sebagai pengguna sangat di untungkan.

Saat kita menginstall wordpress di hosting sendiri, mungkin kita tidak sadar bahwa yang kita install adalah wordpress biasa dengan satu dashboard saja untuk domain utama, tahukan anda selain wordpress biasa seperti yang sudah saya sebutkan tersebut, ada juga yang namanya wordpress multisite.

WordPress multisite sebenarnya masih bagian dari wordpress biasa tersebut, tepatnya merupakan salah satu fitur wordpress, untuk bisa memiliki wordpress multisite anda hanya perlu mengaktifkannya saja.

Setelah mengaktifkannya anda bisa mengelola domain utama dan sub domain dalam satu dashboard saja, praktis ya.

Contoh domain utama www.carayang.net , subdomain www.yangyang.carayang.net, nantinya anda bisa mengelola kedua domain tersebut di satu dashboard saja.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Subdomain di Blog Melalui Cpanel

Disini sudah saya sediakan tutorialnya, tapi jangan lupa untuk backup wp-config.php dan htaccess/wordpress anda, untuk jaga-jaga jika terjadi error saat pengeditan, ingat ya resiko anda yang tanggung, disini saya hanya berbagi tutorial yang sudah pernah saya lakukan sendiri.

Langkah-langkah aktivasi WordPress Multisite

1.Silahkan login ke cpanel tempat anda menyewa hosting, pada file manager buka public_html

2. Buka dan edit wp-config.php kemudian copy dan paste kode di bawah ini tepat di atas tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */

define ( ‘WP_ALLOW_MULTISITE’, true);

3. Selanjutnya silahkan login ke dashboard wordpress anda, pilih tool dan pilih networks setup, jika muncul peringatan seperti gambar di bawah, itu artinya anda belum menonaktifkan plugins, harap non aktifkan semua plugins yang terinstall di wordpress anda.

Panduan Lengkap Setup WordPress Multisite Plus Gambar

4. Perhatikan gambar di bawah, kode yang no 1 silahkan anda copy dan masukan ke wp-config.php, taruh tepat di atas tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ , sedangkan untuk kode no 2 silahkan anda masukan ke file htaccess taruh di atas tulisan #BEGIN WordPress, jika file htaccess tersebut tidak ada itu artinya hidden jadi silahkan pada setting centang pada bagian show hidden files. jangan lupa save.

Panduan Lengkap Setup WordPress Multisite Plus Gambar

Next

Panduan Lengkap Setup WordPress Multisite Plus Gambar

5. Selanjutnya buat atau tambahkan subdomain blog anda.

Jika berhasil sudomain dan domain utama akan terdaftar di list

6. selesai, anda bisa mengaktifkan semua plugins dan mulai mengatur situs-situs anda.

Baca juga:

  1. Cara Menginstall CMS WordPress di Subdomain Blog
  2. Cara Menghapus Subdomain Blog Melalui Cpanel

Silahkan kunjungi blog anda tanpa www, jika di redirect ke halaman pendaftaran di bawah ini cara agar saat kita mengunjungi blog tanpa www tidak di redirect.

Cara Mengatasi Redirect Ke Halaman Pendaftaran Pada WordPress Multisite

Kesimpulan

Dengan menggabungkan semua subdomain blog di satu dashboard akan memudahkan anda mengelola semua subdomain yang anda miliki, lebih simpel dan efektif.