Keuntungan dan Kerugian Menerapkan AMP di Blog

0
307

Google tidak berhenti memperbaiki dan menambah fitur-fiturnya, melihat banyaknya pengguna internet yang menggunakan smartphone, google secara resmi mengembangkan program AMP atau Accelerated Mobile Pages.

Baca juga: Apa itu AMP? Penting atau Tidak Untuk SEO

Bagi yang belum tahu apa itu amp silahkan buka link di atas, karena disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai amp melainkan hanya akan memberikan gambaran keuntungan dan kerugian menerapkan amp.

Pertama-tama mari kita lihat keuntungan jika kita menerapkan amp di blog.

Ini Keuntungan Menerapkan AMP di Blog

1. Loading blog jadi sangat cepat saat di buka lewat smartphone, terutama jika visitor datang dari mesin telusur.

2. Jadi lebih SEO karena google suka blog yang loadingnya cepat, tentunya pengunjung blog anda juga akan merasa nyaman.

3. Tampilan blog lebih simpel dan nyaman karena kita menggunakan theme amp di versi smartphone, khususnya pengguna wordpress karena plugins-plugins amp memiliki tampilan simpel dan terlihat rapih.

4. Lebih berpeluang besar muncul di halaman pertama pencarian google jika di bandingkan dengan blog yang belum amp, khusus untuk yang menggunakan smartphone.

dan masih banyak manfaat atau keuntungan lainnya, saya sendiri menerapkan amp pada blog carayang.net tapi jika membahas soal keuntungan pasti ada kerugian juga, terutama saat ini google amp masih dalam proses pengembangan dan penyempurnaan.

Namanya juga masih dalam proses pengembangan pasti selain banyak keuntungan banyak juga kerugiannya.

Kerugian Menerapkan AMP di Blog

1. Masih sedikit plugins amp/theme untuk wordpress sehingga kita tidak memiliki banyak pilihan untuk design dan tampilan, apalagi bagi pengguna blogspot, jumlah template html dan jumlah template amp sangat jauh berbeda.

2. Terkadang di temui error, misalnya thumbnail tidak tampil ataupun gambar dalam postingan tidak tampil, khususnya untuk pengguna blogspot.

3. Masih untuk pengguna blogspot, jika anda sudah posting banyak artikel tapi ingin menerapkan template amp, bersiap-siaplah menemui banyak error dalam postingan, karena secara struktur kode html ada perbedaan. solusinya edit artikel satu-satu.

4. Jika mengalami error, jarang yang posting solusi cara mengatasinya, alias masih sedikit tutorial mengenai amp.

Mungkin itu saja beberapa kerugian menerapkan amp di blog, namun saya yakin dan percaya kepada para pengembang amp, akan segera melakukan penyempurnaan sehingga semua kerugian tersebut dapat di minimalisir.

Blog yang sudah support amp, memiliki simbol petir pada mesin penelusuran, simbol petir tersebut sebagai tanda kalau blog kita memiliki loading yang cepat, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Keuntungan dan Kerugian Menerapkan AMP di Blog

Demikianlah Keuntungan dan Kerugian Menerapkan AMP di Blog, semoga fitur yang satu ini cepat sempurna karena memang secara garis besar lebih banyak untungnya jika proyek amp telah rampung.