Atasi Bahaya Kaporit Di Kolam Renang

0
67
Atasi Bahaya Kaporit Di Kolam Renang - Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan tubuh.

Atasi Bahaya Kaporit Di Kolam Renang – Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan tubuh.

Tetapi terlalu sering berenang di kolam renang memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika air di kolam renang mengandung kaporit.

Oleh karena itu, berikut tips mengatasi bahaya berenang di kolam renang yang mengandung kaporit :

Baca juga: Masalah Kesehatan Yang Sering Timbul Saat Kamu Melakukan Perjalanan Jauh

Kolam renang outdoor

Jika ingin tetap berenang pilihlah kolam renang terbuka jangan yang didalam ruangan.

Kolam renang terbuka otomatis sirkulasi udaranya lebih baik dengan begitu kaporit bisa terbawa angina dan sedikit demi sedikit menghilang dengan begitu resiko terkena efek buruk untuk kesehatan bisa dikurangi.

Usahakan menggunakan penutup saat berenang agar rambut tidak kontak langsung dengan kaporit yang bisa merusak rambut dan merubah warna rambut.

Mandi sebelum berenang

Menghindari tubuh terkena bahayanya kaporit juga bisa kamu lakukan dengan membasuk tubuh sesaat sebelum mandi, tidak harus mandi bersih dengan sabun.

Kamu cukup memastikan keringat tubuh hilang saat kamu membilas tubuh karena saat kaporit bertemu dengan keringat tubuh akan menyebabkan terbentukya chloramine pada kulit tubuh.

Reaksi kimia ini berbahaya sebab kesehatan dan kecantikan kulit.

Mandi setelah berenang

Sesudah berenang pun kamu harus mandi karena saat berenang pasti tubuh kamu penuh dengan kaporit dan tubuh terasa lengket, mandilah dengan air mengalir hingga bersih dan pastikan kaporit telah hilang dari seluruh anggota tubuh.

Saat kamu membersihkan rambut usahakan menggunakan air hangat. Setelah itu gunakan lotion agar kulit tidak mengalami kekeringan dan bersisik.

Menggunakan lotion

Sebelum masuk ke kolam renang pastikan kamu telah mengoleskan body butter yang mengandung kelapa kesekujur tubh dan area rambut kamu menggunakan minyak kelapa murni.

Kamu wajib melakukan itu karena lapisan mantel asam tidak akan terkikis oleh kaporit.

Lapisan asam kulit sangat penting karena lapisan inilah yang memberikan proteksi terhadap bakteri, kuman, virus dan zat kimia lain yang akan merusak kulit.

Oleh karena itu kamu disarankan menggunakan itu sebelum berenang sebab minyak kelapa bersifat asam.

Baca juga : Tips Untuk Megatasi Rasa Cemas

Gunakan vitamin C

Jika kamu masih belum yakin tubuh tidak akan terbentuk reaksi kimia seperti chloramine. Netralkan dengan spray yang mengandung vitamin C.

Kamu mesti menyemprotkan dengan sempurna ke kulit dan rambut kemudian kamu gosok-gosok dan bilas dengan air bersih agar zat kimia cepat hilang dari tubuh.

Demikianlah Atasi Bahaya Kaporit Di Kolam Renang semoga bermanfaat.