Apa itu AMP? Penting atau Tidak Untuk SEO

1
206

Setelah sempat pakum beberapa saat dari dunia blogging ternyata banyak perubahan, baik perubahan algoritma google ataupun penambahan fitur-fitur tertentu, dan ternyata sekarang ini lagi booming tentang blog AMP, karena penasaran mengenai fungsi dan manfaatnya, akhirnya saya sedikit baca-baca mengenai amp dan akhirnya saya terapkan di blog saya ini.

AMP itu adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages, dari namanya saja sudah jelas mengarah ke halaman seluler yang di percepat, melihat semakin maraknya blog yang support amp tentu ada keuntungan atau manfaat dari penerapan amp di blog.

Manfaat yang jelas saya rasakan sendiri adalah loading blog jadi sangat cepat jika seseorang masuk ke blog kita melalui halaman telusur, kita tahu loading blog adalah salah satu faktor penentu kenyamanan pengunjung, coba anda rasakan sendiri, saat anda berkunjung ke suatu blog kemudian loadingnya lama, pasti ada rasa males atau gajadi berkunjung dan memilih situs lain yang loadingnya ringan, dengan memasang amp di blog kasus semacam itu bisa di atasi karena loading blog jadi sangat cepat.

Tentunya amp sangat baik untuk keperluan seo blog kita, baik untuk seo off page ataupun on page, tentu ramah untuk pengunjung dan membuat mereka betah karena loading dari artikel satu ke artikel lain sangat cepat, apa saja manfaat dari amp?

Dibaca juga ya: Pengertian SEO on Page dan SEO off page

Manfaat Menerapan Amp di Blog

  1. Loading blog jadi sangat cepat, kenapa pakai kata ‘sangat’ itu karena sekarang ini blog yang belum menerapkan amp saja sudah lumayan cepat loadingnya, semua itu berkat pengembang template dan theme yang semakin hari semakin mahir membuatnya, apalagi yang sudah amp, makin mantap.
  2. . Pengunjung blog merasa lebih nyaman karena gaperlu menunggu loading lama untuk pindah dari satu artikel ke artikel lainnya.
  3.  website/blog jadi SEO friendly dengan tampilan yang lebih simpel.
  4. Support script iklan adsense.
  5. Baik untuk peringkat blog di mesin pencarian, kita tahu yang di sarankan google biasanya akan menjadi salah satu faktor penentu peringkat artikel di mesin pencari, tapi tentu saja harus di barengi dengan kualitas baik dari artikel kita.
  6. dan masih banyak manfaat lainnya.

Di baca juga: Yang Harus di lakukan Setelah Ganti Template atau Theme Blog

Proyek google yang satu ini memang lagi banyak di perbincangkan bahkan situs-situs portal berita Indonesia sudah banyak yang menerapkan amp di websitenya, cara melihat blog yang support amp sangatlah mudah, biasanya di hasil penelusuran akan ada symbol petir, contohnya seperti ini.

Blog Amp

Cara Menerapkan AMP di Blog

JIka anda pengguna blogger akan sedikit mengalami kesulitan saat ingin merubah blog jadi support amp, meski sudah tersedia template amp tapi menurut artikel yang saya baca, kita harus mengedit satu-satu artikel yang sudah kita terbitkan, ribet ya, mudah-mudahan kedepannya jadi gampang, tinggal tunggu para pengembang beraksi.

Namun bagi anda pengguna wordpress sangatlah beruntung karena sudah tersedia plugins amp, tidak perlu edit script hanya perlu install pluginnya saja, ada dua plugin yang bisa anda pilih, yaitu:

  1. AMP yang di kembangkan Automattic silahkan, AMP by Automattic
  2. AMP dari Ahmed Kaludi silahkan, AMP for WP – Accelerated Mobile Pages

Saya sendiri memakai amp dari Ahmed Kaludi karena saya suka dengan fitur-fitunya, seperti support comment wordpress, disqus dan facebook. tapi bukan berarti dari Automatic jelek ya, saya belum pernah coba secara detail dan melihat fitur-fiturnya, bagi yang penasaran silahkan coba saja satu-satu.

Note: Theme responsive  wordpress anda akan berubah jadi theme amp saat di buka dari ponsel.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Menerapkan AMP di Blog

Kesimpulan

Dari manfaat yang akan kita dapatkan jika menerapkan amp di blog, menurut saya amp penting dan baik untuk seo dan untuk peningkatan peringkat di search engine.

Demikianlah artikel Apa itu AMP? Penting atau Tidak Untuk SEO, tetap kunjungi blog ini untuk mendapat update artikel-artikel amp lainnya.